Gejala diabetes melitus tipe 1

Posted by Info Penyakit on Senin, 28 Desember 2015

InfoPenyakit - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas deskripsi dari penyakit diabetes melitus, dan pada artikel kali ini kita akan share gejala umum pada penderita diabetes melitus tipe 1. Sudah dibahas sebelumnya bahwa diabetes melitus tipe satu merupakan penyakit diabet yang disebabkan oleh kerusakan sel pankreas, yang mana fungsi sel pankreas ini sangat penting karena merupakan satu-satunya sel yang menghasilkan insulin yang fungsinya mengatur kadar glukosa di dalam tubuh kita. Pada dasarnya semua sel yang ada di dalam tubuh manusia membutuhkan glukosa agar dapat berfungsi dengan normal dan kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin. Apabila tubuh kita kekurangan insulin, kadar gula darah akan meningkat drastis akibat penumpukan. Inilah yang terjadi saat seseorang terkena penyakit diabetes.
Pada umumnya penyakit diabetes melitus tipe 1 berkembang secara bertahap, namun bisa saja gejala diabetes melitus tipe 1 bisa muncul tidak disangka secara tiba-tiba, sehingga tidak semua orang dapat memahami tanda-tanda terserang penyakit diabetes melitus. Untuk itu alangkah baiknya kita mengetahui gejala diabetes melitus tipe 1, dengan harapan apabila kita mengetahuinya tentu kita bisa mengatasinya atau menghindari diawal serangan penyakit diabetes melitus.

Gejala awal diabetes melitus tipe 1

Gejala awal diabetes melitus tipe 1 terkadang sulit untuk diketahui oleh pada penderita, terutama jika penderita yang usianya masih muda seperti anak-anak, namun demikian berikut ini sekilas mengenai gejala yang umum diderita pengidap penyakit diabetes melitus tipe satu. Gejala awal yang sering sekali dialami penderita diabetes melitus tipe 1 adalah sering merasa kelelahan secara berlebihan meskipun tubuh tidak digunakan bekerja berat. Hal ini biasanya disebabkan oleh insulin yang tidak mampu memproduksi energi pada tubuh, sehingga tubuh jadi lemah. 
Gejala lain yang sering timbul adalah mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) yang berlebihan, hal ini diakibatkan oleh tubuh yang terlalu banyak membuang cairan sehingga mengalami dehidrasi. Pada kasus lainnya penderita diabetes melitus tipe 1 ini merasakan peningkatan buang air kecil, kemudian mengalami sakit perut, mual atau muntah, pandangan kabur, mengalami luka yang tidak kunjung sembuh. Selain itu gejala diabetes melitus tipe 1 juga biasanya mengalami penurunan berat badan meskipun penderita makan dalam porsi banyak. Gejala lainnya penderita mengalami denyut jantung yang cepat dan tekanan darah berkurang biasanya di bawah sekitar 90 / 60.

Penyembuhan diabetes melitus tipe 1

Pada umumnya penyakit diabetes melitus tidak bisa disembuhkan, hanya saja kita bisa mengontrol dengan mendeteksi gejala diabetes melitus tipe 1 sedini mungkin. Pengobatan diabetes melitus yang dilakukan biasanya hanya untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan juga untuk mengendalikan gejala yang timbul untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi lebih parah. Untuk itu penting sekali bisa deteksi sedini mungkin kadar gula darah agar bisa kita dikendalikan. Agar kadar gula tetap stabil biasanya penderita melakukan suplai insulin dari luar secara rutin, hal ini disebabkan tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin. Nah, itulah sekilas mengenai gejala diabetes melitus tipe 1 mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 17.10

0 komentar:

Posting Komentar