Tips pencegahan penyakit diabetes melitus

Posted by Blog Info Penyakit on Kamis, 07 Januari 2016

InfoPenyakit - Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang menakutkan, tidak sedikit penderita diabetes harus diakhiri dengan kematian, akan tetapi apabila anda salah satu penderita penyakit diabetes melitus teruslah berharap akan kesembuhan dan jangan pernah putus asa, karena pada dasarnya tuhan tidak menciptakan suatu penyakit melainkan beserta obatnya, dan terbukti juga dengan banyak juga pasien penderita diabetes melitus yang mengalami kesembuhan. Untuk melakukan penyembuhan penyakit diabetes melitus perlu penanganan yang serius, pengobatan yang kontinyu dan juga dengan melakukan menghindari pantangan makanan serta diet alami penyakit diabet, dan tentunya peran penderita dalam berusaha melakukan penyembuhan sangat dibutuhkan sekali. Bagi penderita diabetes dalam melakukan penyembuhan alangkah baiknya harus memahami terlebih dahulu pengertian dari penyakit diabetes melitus, kemudian mengetahui juga gejala diabetes melitus serta mengetahui penyebab dari penyakit diabetes yang diderita, untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel kami sebelumnya.
Setelah mengetahui jenis dan deskripsi dari penyakit diabetes melitus penderita bisa lebih mudah dalam mengontrolnya, sehingga selain dengan melakukan pengobatan diabet, penderita juga bisa melakukan diet makanan dan menghindari makanan pemicu diabetes dan tentunya juga dengan melakukan pencegahan penyakit diabetes melitus sebagaimana artikel berikut yang akan kita bahas.

Tips pencegahan penyakit diabetes melitus

Salah satu tips mencegah penyakit diabetes melitus, alangkah baiknya penderita penyakit DM ini tetap melakukan aktivitas fisik agar kondisi badan tetap dalam keadaan bergerak. Aktivitas fisik ini dapat menurunkan gula darah dan dapat juga meningkatkan sensifitas terhadap insulin. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukan bahwa latihan semacam aerobik dan sejenisnya sangat efektif dalam membantu mengendalikan penyakit diabetes melitus.
Selain dengan melakukan aktivitas fisik, penderita diabetes juga disarankan juga menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, roti tawar, kentang. Untuk lebih efektif dalam melakukan pencegahan penyakit diabetes melitus adalah dengan mengganti makanan di atas dengan makanan lainnya seperti gandum dan sejenisnya, hal ini dilakukan tentunya untuk mengurangi resiko meningkatnya kadar gula darah.
Selain itu penderita diabetes juga sebaiknya banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan juga biji-bijian, berdasarkan beberapa hasil penelitian ini sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes melitus. Selain itu beberapa penelitian juga mengungkap bahwa dengan minum kopi sebanyak enam cangkir sehari pada wanita dapat mengurangi resiko mengidap penyakit diabetes melitus tipe 2 sebesar 30%.
Dan tips pencegahan penyakit diabetes lainnya tentunya adalah dengan menghindari minuman yang manis, karena makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula sangat berbahaya bagi penderita penyakit diabetes melitus, untuk itu mulailah hindari. Kurangi juga stress, hal ini biasanya disebabkan oleh suatu pekerjaan yang menumpuk, atau juga masalah. Tips pencegahan lainnya adalah bagi perokok usahakan berhenti merokok apalagi apabila anda perokok berat sangat beresiko sekali terhadap penyakit diabetes melitus, dan terakhir jaga selalu kondisi badan dengan melakukan istirahat yang cukup. Nah, itulah beberapa tips pencegahan penyakit diabetes melitus mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 02.13

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel