Pantangan makanan penderita asam urat

Posted by Info Penyakit on Selasa, 22 Desember 2015

ArtikelKesehatan - Penyakit asam urat atau disebut juga ghout merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang berlebihan, hal ini bisa disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan, atau bisa juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi berlebihan dan ginjal tidak mampu membuangnya secara optimal sehingga asam urat menumpak pada persendian, maka timbulah penyakit yang disebut dengan asam urat. Untuk lebih jelas mengenai jenis penyakit ini alangkah baiknya baca juga artikel kami lainnya tentang penyakit asam urat dan gejala awal asam urat. Itulah kira-kira yang menjadi penyebab penyakit asam urat pada persendian, banyak sekali teknik atau obat yang beredar diluar yang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat, akan tetapi sebaik apapun pengobatan apabila tidak dibarengi dengan konsumsi makanan yang baik pula maka akan menghambat proses penyembuhan, untuk itu bagi anda yang sedang melakukan pengobatan penyakit asam urat alangkah baiknya disertai dengan memperhatikan pantangan makanan penderita asam urat, dengan melakukan pantangan ini diharapkan proses penyembuhan penyakit asam urat bisa lebih efektif.

Makanan pantangan penderita asam urat

Pada dasarnya makanan yang harus dihindari penderita asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi, karena zat inilah yang dapat menimbulkan asam urat yang berlebih pada persendian. Berdasarkan pengertiannya. Purin merupakan senyawa yang mengandung nitrogen yang dihasilkan oleh sel-sel yang berada di dalam tubuh (endogen) atau berasal dari luar tubuh kita, seperti makanan yang mengandung purin (eksogen). Asam urat adalah produk akhir metabolisme purin yang terjadi di dalam tubuh manusia. Dalam hal ini semakin tinggi kadar purin maka semakin tinggi pula kadar asam urat yang terbentuk. Purin merupakan zat alami yang ditemukan dalam semua sel-sel tubuh, dan hampir terdapat di semua makanan. Purin menyediakan bagian dari struktur kimia gen kita, gen tanaman dan hewan. Sejumlah makanan yang relatif kecil, namun mengandung jumlah terkonsentrasi purin. Untuk sebagian besar, makanan tinggi purin juga tinggi protein makanan, dan mereka termasuk daging organ seperti ginjal, ikan seperti mackerel, herring, sarden dan remis, dan juga ragi. 
Nah, untuk itu bagi anda penderita asam urat agar produksi asam urat dalam tubuh anda menurun maka sebaiknya hindarilah makanan-makanan yang mengandung zat purin tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi seperti Melinjo berikut olahannya seperti emping dll, kacang-kacangan, kemudian sayuran yang mengandung purin tinggi seperti buncis, kembang kol, daun pepaya, bayam, kangkung, daun singkong, cabe dll. Selain itu buah-buahan seperti durian, nanas dll. Makanan lainnya adalah makanan jeroan seperti hati, limpa, usus, ginjal dll. Purin tinggi juga terdapat pada daging seperti daging sapi, kambing, kuda. Sedangkan pada jenis seafood yaitu kepiting, cumi-cumi, ikan sarden, sotong, tiram, kerang, remis, ikan teri dan udang. Pada makanan kaleng terdapat pada sarden, kornet dll. Penderita asam urat sebaiknya juga menghindari makanan gorengan (makanan yang digoreng baik itu dengan margarin ataupun dengan minyak). Pada umumnya banyak sekali makanan yang mengandung zat purin tinggi, jadi sebagai penderita asam urat Anda harus pandai-pandai memilih makanan yang mengandung purin yang rendah.
Selain dengan menghindari beberapa pantangan makanan penderita asam urat di atas, penderita juga sebaiknya mengkonsumsi beberapa makanan anjuran yang baik untuk mengatasi penyakit asam urat seperti dengan memperbanyak minum air putih yang fungsinya untuk mengeluarkan kristal asam urat dalam tubuh melalui air kencing, lainnya adalah dengan konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti sayuran dan buahan seperti kentang, alpukat, susu, yogurt dan pisang. Selain itu sering-sering juga konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk. Nah, itulah sekilas mengenai pantangan makanan bagi penderita asam urat mudah-mudahan bermanfaat.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 18.45

0 komentar:

Posting Komentar