Tanda awal gejala mengidap asam urat

Posted by Blog Info Penyakit on Kamis, 11 Juli 2013



Tanda awal gejala mengidap asam urat - Penyakit asam urat adalah asam dalam tubuh yang berbentuk kristal hasil akhir proses metabolisme purin yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Penyakit asam urat atau gout adalah jenis artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian yang diakibatkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, penyakit asam urat biasanya menyerang bagian sendi dan tendon manusia akibat penimbunan kristal tadi. Beberapa orang mengalami penyakit asam urat pertama dalam sendi yang berbeda, namun sebagian besar penderita asam urat mengalami gejala dari sendi jempol kaki.

Jika gejala asam urat tidak diobati, ada kemungkinan juga dapat menyebar ke sendi lainnya. Semakin lama gejala asam urat tidak diobati segera mungkin, maka semakin besar kemungkinan bahwa kondisi akan lebih parah.  Salah satu tanda-tanda dan gejala asam urat yang sering dirasakan adalah peningkatan tingkat asam urat dalam tubuh. Tingkat kadar asam urat yang tinggi pada tubuh belum tentu juga akan terkena gejala asam urat karena gejala asam urat diawali dari pengendapan Kristal asam urat pada persendian.

Penyebab dari penyakit asam urat adalah berlebihnya zat purin dalam tubuh. Zat purin itu sendiri berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti makanan yang berasal dari tubuh mahluk hidup, buah-buahan dan sayuran, kesimpulannya asam urat yaitu penyakit yang ditimbulkan karena sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang setiap hari kita konsumsi, dan secara umum penyakit asam urat ini terjadi pada usia lanjut karena menumpuknya zat purin berlebihan di dalam tubuh.

Sebagian penderita penyakit asam urat atau gout tidak mengalami gejala asam urat apapun saat tubuhnya memiliki kadar asam urat tinggi. Pada kondisi normal, kadar asam urat dalam tubuh pria adalah 7 mg / dL, sedangkan pada kadar asam urat pada wanita adalah 6 mg/dL. Penanganan yang kurang tepat bagi penderita asam urat dapat menyebabkan bahaya yang lebih besar karena dapat membuat proses kerja tubuh bagian lain, seperti fungsi ginjal, mengalami kerusakan karena pembuangan urine yang kurang lancar dan beban ginjal terlalu berat. Bahaya dari penyakit asam urat juga dapat menyerang kerja jantung akibat proses kerja tubuh yang tidak seimbang. Semua ini dapat ditangani bila kita mau melakukan diet dan tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Nah, itulah beberapa informasi tanda awal mengidap penyakit asam urat mudah-mudahan bermnfaat bagi pembaca, mencegah lebih baik daripada mengobati, deteksilah asam urat anda dalam tubuh sejak dini untuk menghindari penyakit asam urat.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 14.53

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel