Tips berpuasa untuk sembuhkan sakit maag

Posted by Blog Info Penyakit on Kamis, 11 April 2013

Artikel kesehatan -  Dalam Islam, puasa merupakan menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa seperti perbuatan-perbuatan yang tidak baik termasuk dalam perkataan, tidak bertengkar, menjaga pola pikir, hawa nafsu, dan juga untuk melatih kesabaran, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat. Nah, apakah sakit maag itu menghalangi puasa ? dan, bagaimana caranya agar puasa tetap lancar meski menderita maag?

Penyakit maag disebabkan tingginya asam lambung sehingga melukai dinding lambung sendiri. Tingginya cairan lambung ini bisa memaksa otot-otot lambung berkontraksi sehingga menimbulkan rasa perih dan mual. Selain itu tingkat keasaman pada penderita maag biasanya sangat ekstrim yaitu 1 PH. Jika asam lambung ini sampai pada usus maka akan bercampur dengan cairan usus yang bersifat basa dan menimbulkan gas yang membuat perut menjadi kembung. Untuk lebih jelas baca juga artikel tentang sakit maag.

Ada dua macam penyakit maag yaitu, Maag fungsional : Sebanyak 60% penderita maag adalah tipe fungsional yang disebabkan kesalahan pola makan, stress, beban pekerjaan, dan emosi. Gejala yang ditunjukkan seperti perih, mual, dan kembung. Maag tipe ini relatif ringan sehingga memungkinkan penderita untuk berpuasa, selanjutnya adalah Maag organik : Penyakit maag organik terjadi akibat kelainan organ pencernaan misalnya luka lecet pada kerongkongan, lambung, usus, dan lain-lain. Gejalanya lebih parah dari jenis fungsional seperti berat badan turun, anemia, muntah darah, BAB hitam, tidak bisa menelan, dan lain-lain. Penderita maag jenis ini tidak boleh berpuasa sebelum penyakitnya diobati karena akan memperparah penyakit.

Berpuasa sebagai obat sakit maag
“Bagi penderita maag fungsional, puasa bisa dijadikan obat mujarab karena dengan puasa maka pola makan menjadi lebih teratur.” Selain itu kebanyakan maag disebabkan stress dan emosi, sedangkan puasa melatih kesabaran dan mendekatkan diri pada Allah. Karenanya orang-orang yang berpuasa hatinya lebih tenang dan penyebab maag menghilang. Agar puasa anda baik untuk sakit maag adakalanya ikuti tips berikut untuk menjalani puasa dalam keadaan sakit maag diantaranya :

Makan sahur : Penderita sakit maag harus makan sahur untuk menyiapkan energi dan mencegah lambung dalam keadaan kosong sehingga tingkat keasaman lambung dalam batas normal. Bagi penderita yang mengkonsumsi obat maag, jangan lupa memakannya saat sahur.

Melakukan aktivitas : Aktivitas akan merangsang otak mengeluarkan hormon katekolamin yang berfungsi mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan, mengurangi gerak usus, serta menghancurkan cadangan glikogen dan lemak. Hormon ini juga menyebabkan pankreas memproduksi insulin matang yang membuat kadar gula darah dalam keadaan normal.

Hindari stress : Stress akan memacu metabolisme sehingga asam lambung meningkat yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Hindari stress dengan banyak beribadah.

Menyegerakan saat berbuka : Segera berbuka saat adzan maghrib tiba karena perut anda sudah kosong beberapa jam yang lalu. Santap minuman manis dan hangat, kemudian makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Biasakan sholat maghrib sebelum makan nasi dan lauk pauknya agar lambung anda tidak kaget.

Makan secukupnya : Hal ini dimaksudkan agar dinding lambung berkontraksi dengan rileks, serta menghindari peregangan dinding lambung yang berlebihan.   

Hindari tidur setelah sahur : Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas. Karenanya proses pencernaan berjalan lebih cepat saat tidur sehingga anda akan merasa lapar ketika bangun.

   
Konsumsi obat secara teratur : Jadwal konsumsi obat maag bisa anda rubah menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Ada baiknya anda mencoba konsumsi obat herbal seperti habbatussauda agar tidak mengganggu fungsi ginjal. (source : catatanno-free.blogspot.com)

Nah, itulah tips berpuasa untuk menyembuhkan sakit maag, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca terutama bagi penderita sakit maag yang sedang mencari solusi penyembuhan,,


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 01.49

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel